Senin, 23 Februari 2009

Mahluk Hidup

Untuk dikatakan sebagai benda hidup, makhluk hidup atau organisme bernyawa diperlukan pemenuhan ciri-ciri sebagai berikut di bawah ini :

1. Terdapat Protoplasma
Protoplasma merupakan suatu bagian yang terdiri atas bahan yang kompleks dan terlindung dengan baik. Protoplasma biasa dikenal dengan sebutan sel. Berbeda dengan benda tak hidup atau benda mati yang tidak memiliki protoplasma. Lihat saja batu atau komputer yang tidak memiliki protoplasma atau sel, sehingga disebut dengan benda mati.

2. Mempunyai Bentuk dan Ukuran
Makhluk hidup dapat dikenali ciri khas yang menempel padanya dengan melihat bentuknya. Antara jenis mahluk hidup yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan baik dalam ukuran maupun bentuknya. Tengok saja antara pohon jamblang dengan pohon teh, pasti terlihat jelas bedanya.

3. Melakukan Aktivitas-Aktifitas Kehidupan :

- Makan
Semua benda hidup membutuhkan asupan bahan makanan yang berasal dari luar tubuh untuk kemudian diproses menjadi energi atau tenaga bagi tubuh.

- Tumbuh Dan Berkembang
Orang, Binatang dan Tumbuh-Tumbuhan ketika baru lahir atau tumbuh ukurannya akan lebih kecil dan biasanya akan berkembang menjadi lebih besar menyerupai induknya.

- Berkembang Biak
Makhluk hidup yang tidak mampu berkembangbiak menghasilkan keturunan akan punah dan musnah di makan waktu. Oleh sebab itu makhluk hidup memiliki cara masing-masing untuk dapat memperbanyak diri untuk mempertahankan keberadaan di dunia.

- Melakukan Adaptasi
Semua makhluk hidup perlu melakukan penyesuain diri dengan fungsi tubuh dan lingkungan sekitar ekosistem, habitat tempat tinggalnya untuk dapat bertahan hidup dengan lebih baik dan mudah. Contohnya seperti hewan gurun yang tahan panas, bunglong bisa berubah warna, dan lain sebagainya.

- Memiliki Sistem Transportasi
Untuk menyampaikan zat ke bagian-bagian yang membutuhkan.

- Dapat Bergerak
Manusia dan hewan memerlukan kegiatan dengan menggerakkan anggota tubuh untuk berbagai keperluan seperti jalan, makan, menggaruk, berkedip, dan sebagainya. Untuk tumbuhan tidak semuanya dapat melakukan pergerakan. Kemampuan untuk bereaksi terhadap rangsangan dari lingkungan disebut dengan istilah iritabilita.

- Metabolisme
Metabolisme adalah aktifitas fisika atau kimia yang terjadi di dalam tubuh baik secara anabolisme maupun katabolisme.

- Sistem Regulasi
Pengertian arti definisi sistem regulasi adalah aturan sistem yang ada di dalam tubuh makhluk hidup untuk dapat hidup seimbang, serasi dan selaras.

dari uraian diatas dapat kita ismpulkan bahwa dikatakn mahluk hidup harus mempunyai ciri-ciri diatas

CIRI KHUSUS PADA HEWAN

1. Kelelawar
Photo of the Brazilian Free-tailed Bat, MurciƩlago de Cola Libre

kelelawar adalah binatang malam sama dengan burung hantu dimana kelelawar mencari makan pada malam hari dan tidur disiang hari. berkembangbiak dengan cara melahirkan atau vivipar, tempat tinggal dilorong-lorong rumah atau gua dan bergantung pada pohon, kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang dapat terbang.
ciri khusus dari kelelawar adalah mempunyai kemampuan menggunakan gelombang bunyi untuk mengetahui posisi mangsanya atau biasa disebut EKOLOKASI.

2. Burung Hantu

secara umum burung hantu memilki ciri yakni termasuk hewan malam atau nokturnal, mencari mangsa pada malam hari berupa tikus, serangga , burung kecil kadal dan ikan
matanya didepan kepala, bulunya halus sehingga tidak menimbulkan suara.
ditinjau dari ciri khusus yang dimiliki oleh burung hantu adalah mata dan telinga burung hantu sangat tajam dan peka

3. Bunglon

bunglon termasuk hewan yang lambat pergerakannya makanan serangga banyak terdapat di pepohonan, dua matanya dapat melihat pada arah yang berlawanan.
Ciri khusus yang dimiliki oleh bunglon adalah mampu merubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungan nya dan hal ini disebut MIMIKRI. bunglon memiliki lidah yang panjang dan lengket untuk menangkap mangsanya.

4. Unta
http://unik77.blogspot.com/2008/10/fosil-unta-kerdil-berusia-sejuta-tahun.html
Unta adalah hewan padang pasir mampu menempuh perjalanan jauh tanpa makan dan minum, tidak berkeringat dan sedikit mengeluarkan kotoran, mampu menyimpan makanan dan perutnya mampu menampung air sampai 57 liter air.
Ciri khusu yang dimiliki oleh unta adalah mempunyai punuk sebagai tempat menyimpan cadangan makanan dan lemak sebagai sumber energi dan air untuk melalkukan perjalanan jauh. ada unta yang memiliki satu punuk dan ada unta yang memiliki dua punuk.

5. Cicak atau Tokek

Cicak atau tokek termasuk binatang merayap, makanan nya berupa nyamuk, lalat dan laron (serangga terbang), biasanya hidup didinding rumah atua pepohonan
ciri khusus cicak atau tokek adalah memiliki perekat pada kakinya sehingga dapat merayap didinding atau pohon, lidah yang panjang dang lengket serta memutuskan ekornya untuk mengelabui pemangsanya sehingga disebut Autotomi.

6. Ikan Pemanah
I
kan pemanah hidup diair tawar, makanannya serangga kecil (lalat, capung dan laba-laba). ciri khusus dari Ikan pemanah adalah menyemprotkan air kearah serangga yang menggantung di tanaman diatas air dan segera memangsanya ketika serangga jatuh kepermukaan air.

7. Ular
http://slashptr.blogsome.com/2007/12/08/ularlaknat/
Ular termasuk hewan pemakan daging atau karnivora, binatang melata ada yang hidup diair ada yang hidup di darat, pada giginya mengandung bisa.
ciri khusus pada ular adalah mampu memakan mangsa yang didapat secra utuh tanpa harus mencabik-cabik. hal ini karena ular memiliki cairan pencerna, susunan rahangnya melekat secara longgar dengan tulang pada tangkai kepala.

CIRI KHUSUS PADA TUMBUHAN

1. Putri malu
(Mimosa pudica)Daun yang perlahan menguncup karena tiupan angin
Putri malu termasuk tumbuhan hidrofit (hidup diair) termasuk golongan rerumputan, mempunyai duri dan gerakannya tidak dipengaruhi oleh arah rangsangan tetapi di pengaruhi oleh tumbuhan itu sendiri sehingga disebut gerak NASTI
C
iri khusus yang dimiliki oleh putri malu adalah mengatupkan daunnya jika terkena rangsangan.

2. Kantong Semar
http://tamaneden100.wordpress.com/2007/11/05/tahul-tahul/
Kantong semar tumbuh di rawa-rawa untuk memenuhi kebutuhan nitrogen kantong semar memakan serangga , makanannya serangga termasuk tumbuhan INSKTISIDA
C
iri khusus kantong semar dapat mengeluarkan nektar untuk memikat serangga . Nektar adalah cairan manis bahan pembuat madu.

3. Pohon Kaktus
Ferocactus pilosus
Tumbuhan padang pasir, daunnya berduri karena berbentuk duri , daun kaktus mengurangi penguapan, duri tersebut dapat melindungi diri dari hewan yang ingin merusak, akarnya panjang , merupakan tumbuhan Xerofit yakni tumbuhan yang hidup ditempat kering / panas
batang kaktus dapat menyimpan air maka dari itu batangnya terlihat gemuk atau tebal yang fungsinya untuk mengurangi penguapan.

4. Bunga Raflesia
http://yode-arliando.blogspot.com/2009/01/bunga-raflesia-gak-sama-dengan-bunga.html
Merupakan tumbuhan tidak berklorofil , bungsnys terbesar di dunia (garis tengahnya kurang lebih satu meter), ditemukan oleh Raflesia Arnoldi, berkembang biak melalui penyerbukan serangga, merupakan tumbuhan parasit pada akar tumbuhan yang menjalar , banyak hidup di hutan Bengkulu, Sumatra, baru terlihat ketika kuncup bunganya menmbus tumbuhan inangnya.
ciri khusus bunga raflesia yakni mengeluarkan bau busuk (bau bangkai).

5. Bunga Karang
http://horticulture.tomohonkota.go.id/iframesind/detail.php?kode=1014
Termasuk binatang laut, hidup menempel didasar laut pada sisi tubuhnya ada lubang sebagai tempat masuk, mendapat makanan dari lubang di sisi tubuhnya yang masuk bersama air.
Ciri khusus mempunyai bantuk tubuh yang sangat sederhana, bunga karang tidak mempunyai kepala, mulut dan anggota tubuh.

1 komentar:

  1. wah penting nieh.... qw sngat btuh bhan ini..... jdi soal- soal dri skolah... bza qw jwab dan qw pun bza menambah ilmu dari lingkungan yang dekat dengan sya seperti gambar2 di atas

    BalasHapus